Kamis, 17 Juli 2014



4th Annual Baluran-PLN Birding Competition adalah suatu kegiatan pengamatan burung dan penulisan artikel yang diadakan oleh Taman Nasional Baluran.  Kegiatan pengamatan burung ini bertujuan dapat menjadi upaya penyadaran masyarakat akan pentingnya penjagaan ekosistem alami serta mengembangkan konservasi kawasan melalui perlindungan kehidupan burung di alam berbasis pengamatan burung liar  (birdwatching). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26-30 Juni 2013 di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Biological Bird Club berpartisipasi dengan mengirimkan 6 orang  yang di bagi menjadi dua kelompok. kelompok satu gusti, adam dan jihan lalu kelompok dua abay, dini, dan aya. 

Tim Biological Bird Club 

Kami pergi tanggal 24 Juni pagi, naik kereta ekonomi ac dari stasiun Senen Jakarta tujuan Pasar Turi Surabaya, sampai di Surabaya keesokan harinya jam 05.30 wib. Setelah itu menaiki bis tujuan Baluran. Sampai di Baluran tanggal 25 Juni sekitar jam 20.00 wib. Sampai disana istirahat dan tidur di Aula. Tanggal 26 Juni 2013, pagi-pagi kami sudah bersiap-siap untuk melakukan registrasi perlombaan. Setelah kami melakukan registrasi lalu di angkut oleh truk menuju lokasi ngecamp yaitu di bekol. Sampai disana siang hari lalu diberi waktu sampai sore hari untuk mendirikan tenda dan bersih-bersih. Malam hari pun tiba waktunya brefing perlombaan, semua peraturan dan pertanyaan tentang perlombaan dibahas pada malam itu. Perlombaan dimulai pada tanggal 27 juni– 29 juni 2013. Perlombaan pengamatan burung dilakukan di 3 lokasi yaitu jalur Bama, Manting, dan Evergreen kita bebas memilih untuk lokasi pengamatan burung.

Observasi di Taman Nasional Baluran

            3 hari pun berlalu tepatnya tanggal 29 juni 2013, setelah pengamatan yang dilakukan kurang lebih 3 hari lalu di beri waktu selama tiga jam untuk melakukan penulisan artikel dan seketsa burung.  Isi dari artikel ini sangat mempengaruhi penilaian perlombaan selain dari list burung yang didapat. Kita mendapatkan 55 jenis burung dari hasil 3 hari observasi kita, dari ke 55 jenis tersebut ada beberapa spesies burung yang teracam punah yaitu merak hijau (Pavo muticu) dan jalak putih (Sturnus melanopterus).

Merak hijau (Pavo muticu)


                                             Jalak putih (Sturnus melanopterus)
            
    Kelompok BBC 1 mengumpulkan artikel yang berjudul “Mencari Keberadaan Suku Columbidae” dan kelompok BBC 2 mengumpulkan artikel yang berjudul “ Fenomena Burung Gelatik Jawa Di Taman Nasional Baluran.


Hari ini pun tiba, hari terakhir yaitu hari dimana pengumuman pemenang di umumkan, semua peserta menyambut pengumuman perlombaan dengan antusias sekali dan berharap salah satu dari tim Biological Bird Club bisa memenangkan perlombaan ini.  Namun kelompok BBC 1 dan BBC 2 berlum beruntung, karena pemenangnya yaitu juara 1,2, dan 3 di borong semua oleh anak-anak dari BIONIC UNY, yang mengirimkan 8 tim. 3 dari 8 tim dari UNY berhasil memborong semua juara. Kami pun tidak berkecil hati karena memang baru pertama kali kami mengikuti perlombaan seperti ini, dan kita masih harus belajar lebih banyak lagi. Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari perlombaan ini selain kita bisa mengenal teman-teman dari seluruh Indonesia. Disana juga diadakan pelatihan-pelatihan yaitu pelatihan penulisan dan fotografi yang diisi oleh para pemateri yang handal di bidangnya, salah satunya yaitu pemateri fotografi yang sekaligus alumus kita yaitu Riza Marlon S.si atau biasa kita sebutnya om Caca. 

TIM Biological Bird Club + Riza Marlon

_Gusti Wicaksono_


0 komentar:

Posting Komentar

    Blogger news

    Blogroll